Selasa, 27 September 2011

Mencari Kerja Yang Tiada Pasti

sudah beberapa bulan mencari kerja belum dapat kerja juga setelah lulus kuliah kmarin. beberapa ada yang sudah aku beri lamaran tapi belum ada panggilan tes, ada yang sudah sampai ikut tes tapi gak ketrima, ada pula yang dipanggil ikut tes tapi gak bisa datang dan msih banyak kendala lain. dunia kerja memang penuh persaingan dan terbatasnya ketersediaan lowongan kerja. sehingga tidak mungkin semua lulusan kuliah bisa diterima kerja dalam tiap tahunya. inilah faktanya bahwa kita tidak bisa selalu menggantungkan untuk mencari kerja. dalam setiap tahun aja sudah beberapa banyak mereka yang lulus kuliah, sedangkan mereka semua pasti menginginkan hal yang sama yaitu lulus kuliah untuk mencari kerja. sedangkan perusahaan yang menerima pekerja terbatas adanya. diantara semua lulusan kuliah di negara ini pasti jarang mereka yang memutuskan untuk berwirausaha.


tadi pagi aku ditelpon ibuku dan menanyakan apa sudah dapat kerja apa belum. aku sendiri menjawab dengan agak malu juga sebenarnya, kalau ak belum juga keterima kerja. Dan ibuku menyuruh aku pulang kerumah saja kalau aku belum dapat kerja untuk ikut membantu kerja dirumah. tapi aku sendiri tidak mau, karena aku tidak mau terus menggantung pada orag tua juga. bahkan aku dulu sempat kalau mau kerja aku bisa dibantu oleh pamanku atas permintaan ayahku untuk dicarikan kerja. tapi aku tidak mau kalau aku tidak mencari kerja sendiri hasil usahaku sendiri.

aku setiap hari hanya bisa menunggu menunggu dan menunggu dengan penuh kebosanan untuk mencari lowongan kerja. kalau gak ada ya cuma nganggur saja setiap hari di kos atau dirumah. sebenarnya malu kalau menganggur saja dan tidak ada yang bisa dikerjakan. tapi mau bagaimana lagi itulah kurangnya kreatif diriku ini. andai saja aku ada modal untuk bisa berbisnis, maka aku sudah mau bisnis dari kemarin. namun bagi orang yang tertentu yang memiliki pemikiran kreatif, modal bukanlah hal utama untuk menjalankan bisnis. karena banyak para pengusaha sukses mereka mengawali bisnis tanpa modal atau modal kecil terlebih dahulu. itulah lemahnya diriku kurang berani mengambil keputusan, andai aku mengetahui ilmunya dan berani mengambil keputusan mungkin lebih baik memulai wirausaha telebih dahulu daripada harus menggantungkan untuk mencari kerja, meskipun itu dimulai usaha dari kecil-kecilan.

aku melihat salah satu temanku yang baru lulus kuliah kemarin ada yang sudah mengajar disekolah bahkan dia juga bisa sambil menjalankan wirausaha kecil-kecilan. dia menjual makanan ringan atau camilan. aku jadi iri melihatnya, aku sempat ditawarinya untuk menjalankan sebagian usahanya itu. tapi terkadang aku merasa malu untuk menjualkan ke warung-warung atau toko. itulah salah satu kelemahanku lagi, selalu merasa malu dan kurang percaya diri. terkadang aku harus bisa memperbaiki kelemahanku yang ada sehingga tidak menghambat kemajuan diriku. banyak mereka yang sukses karena mereka bisa merubah pola pikir dan pola sikap mereka sendiri. sedikit demi sedikit aku harus bisa berubah jika ingin maju dan sukses.

mungkin belumnya ketrima kerja emang bukan rejeki untuk saat ini, namun aku harus tetap berusaha agar bisa diterima lagi. tapi selain untuk mencari kerja yang tiada pasti kapan ketrimanya, aku juga harus bisa memulai dan merintis sebuah wirausahaku sendiri agar bisa mandiri dan tidak banyak menggantungkan pada lowongan kerja. sehingga bisa menjadi langkah awal untuk menjadi wirausahawan yang suskses. Amiinn....!

2 komentar:

arr rian mengatakan...

Asalamualaikum brother...
salam ukuwah...
izin folow

Jaisun mengatakan...

waalaikumsalam...
salam ukhuwah juga..
ya..ane jg dah follow balik...!

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons