Rabu, 21 September 2011

Faktor-Faktor Hancurnya Sebuah Negeri

Dan ar-Rabb telah menciptakan manusia sebagai khalifah di atas bumi, menjadikan mereka berkuasa di atasnya, serta menikmati segala fasilitas yang tiada dapat dihitung banyaknya. Rasulluah telah bersabda dalam sebuah hadits yang menguatkan hal tersebut. Rosullulah telah bersabda dalam sebuah hadits yang menegaskan hal tersebut;


dari Abu Said al-Khudri dari Rosullulah beliau bersabda :

Sesungguhnya dunia itu indah dan manis dan Allah akan menyerahkan kepada kamu, lalu akan melihat bagimana kamu berbuat. Maka berhati-hatilah kamu dari godaan dunia dan hati-hatilah kamu dari godaan wanita, sebab fitnah yang menimpa Bani Israil adalah finah wanita. (HR Muslim dan Ahmad)

Dan salah satu kemanisan dan keindahan dunia dan kehidupannya adalah negeri yang
makmur, aman dan sentosa, tidak ada rasa takut bagi para penduduknya. Sebagimanana yang telah disebutkan Allah tentang negeri Ma'rib sebelum kehancurannya:

Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Allah) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di kanan dan di kiri. (Kepada mereka dikatakan):  

Makanlah olehmu, rezeki yang dianugerahkan Rabbmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu adalah) negeri yang baik dan Rabbmu adalah Rabb yang Maha Pengampun. (Saba' :
15).

Akan tetapi ni'mat yang amat besar itu dapat berubah menjadi azab dan bencana, jika para penduduknya tidak mensyukuri ni'mat yang tiada terhingga tersebut. Bukankah Allah telah memerintahkan mereka bersyukur ? ! Benarlah sabda Rasullulah diatas yaitu supaya Allah melihat bagimana perbuatan mereka. Jika mereka mensyukuri ni'mat tersebut maka Allah akan menambahnya, akan tetapi jika mereka kufur ni'mat maka kemurkaan Allah akan turun menimpa mereka. Allah berfirman :

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menabah ni'mat kepadamu dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku amatlah pedih. (Ibrahim: 7).

Jika mereka, para penduduk negeri yang aman dan makmur tersebut tidak mensyukuri anugerah Allah tersebut dan menggantinya dengan azab dan siksaan. Sungguh amat banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan terangkainya ni'mat Allah atas suatu negeri, yang hal itu merupakan sebab-sebab kehancuran mereka dan negerinya. Dan pada edisi kali ini Insya Allah akan kami angkat permasalahan tersebut. Sebagai ibrah dan peringatan bagi kita semua, khususnya bagi bangsa kita yang sedang mengalami krisis di segala bidang terutama yang terparah yaitu aqidah, yang menyebabkan bangsa ini berada ditepi jurang kehancuran. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua baik hukkam (para penguasa) dan mahkum (rakyat). Dan semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dari ayat-ayat Allah dan hadits-hadits Rasul-Nya yang akan tertuang dalam tulisan ini dan dapat menyadari kekeliruan dan kesalahan serta berbuat dan memperbaikinya.

Sebenarnya sebab-sebab kehancuran suatu negeri amatlah banyak, point-pont yang disebutkan tadi hanyalah sebagian kecil darinya, yang dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Dosa syirik yang menyebar. 
  2. Bid'ah 
  3. Membenci dan memusuhi Rasullulah 
  4. Latah (menzalimi), menuruti orang kafir 
  5. Menjadikan wanita sebagai pemimpin 
  6. Mengangkat orang kafir dan ahli bid'ah sebagai pembantu 
  7. Sombong adalah salah satu sebab kehancuran 
  8. Perpecahan dan perselisihan serta menyimpang dari manhaj Nabawi 
  9. Durhakan dan mendustakan Allah dan Rasul-Nya 
  10. Kemewahan yang melalaikan serta mengingkari ni'mat Allah
  11. Kedhaliman dan kefasikan
  12. Maksiat
  13. Dunia dan wanita
  14. Al-Kitab dan susu (yaitu sibuk dengan urusan dunia serta lupa  akhirat)
  15. Meninggalkan jihad, beramal serta meninggalkan amar ma'ruf nahi munkar.


Demikianlah semoga tulisan ini dapat membuka mata dan menggugah kesadaran kita. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat peringatan bagi orang-oarng yang mempunyai hati atau yang menggunakan pendengarannya sedang dia menyaksikan. (Qaaf: 37)

Namun jika kita tidak bisa mengambil pelajaran darinya, maka ingatlah firman Allah :

Dan jika kamu berpaling, niscaya Dia akan menganti kamu denngan kaum yang lain dan mereka tidak seperti kamu ini. (Muhammad : 38).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons